Rpp Matematika Kelas 1 Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2017

 Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial  RPP Matematika Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN/S
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : I/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Bilangan Cacah hingga dengan 99
Alokasi Waktu : 20 JP (6 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah hingga dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek 
3.1.1 Menyebutkan Bilangan 1 hingga 10
3.1.2 Menyebutkan Bilangan 11 hingga 20
3.1.3 Menyebutkan Bilangan 21 hingga 99
3.1.4 Menulis Bilangan 1 hingga 10
3.1.5 Menulis Bilangan 11 hingga 20
3.1.6 Menulis Bilangan 21 hingga 99
4.1 Menyajikan bilangan cacah hingga dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
4.1.1 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan ( hingga dengan 99)
4.1.2 Menyajikan bilangan cacah hingga dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan penerima didik dibutuhkan sanggup Menyebutkan Bilangan 1 hingga 10,Menyebutkan Bilangan 11 hingga 20, Menyebutkan Bilangan 21 hingga 99, Menulis Bilangan 1 hingga 10, Menulis Bilangan 11 hingga 20, Menulis Bilangan 21 hingga 99, serta bisa Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan ( hingga dengan 99) dan Menyajikan bilangan cacah hingga dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai perilaku responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berafiliasi dengan baik

Baca Juga:


D. Materi Pembelajaran
• Membilang bilangan cacah hingga dengan 99
• Menyebutkan Bilangan 1 hingga 10
• Menyebutkan Bilangan 11 hingga 20
• Menyebutkan Bilangan 21 hingga 99
• Menulis bilangan cacah hingga dengan 99
• Menulis bilangan 1 hingga 10
• Menulis 11 hingga 20
• Menulis bilangan 21 hingga 99

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah

G. Sumber Belajar
1. Buku Siswa MATEMATIKA Kelas I
2. Buku Petunjuk Guru MATEMATIKAKelas I
3. Modul/bahan ajar
4. Internet
5. Modul lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal materi pokok
• Menyimak tayangan/demo perihal materi pokok
• Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir


3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial sanggup diberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua penggalan : remedial sebab belum mencapai KKM dan remedial sebab belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.
  • Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melaksanakan evaluasi kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang diadaptasi contoh: pada ketika jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit sehabis jam pelajaran selesai).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan penerima didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada penerima didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai komitmen dengan penerima didik.
  • Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya
  • Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memperlihatkan perhiasan nilai bagi penerima didik yang berhasil dalam pengayaan.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN/S                                  Guru Mata Pelajaran


…………………………                 ……………………….
NIP/NRK.                                       NIP/NRK.
Lebih baru Lebih lama