12 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Banyak Sekali Keluhan

12 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Berbagai Keluhan - Tanaman sirih merah kerap dimanfaatkan sebagai pilihan tumbuhan hias oleh sebagian masyarakat pecinta tumbuhan hias. Akan tetapi sering juga masyarakat yang menanamnya sebagai tumbuhan obat, hal tersebut alasannya yakni manfaat daun sirih merah yang sanggup mengobati bermacam macam penyakit. Tanaman sirih merah memiliki nama latin sebagai Piper Crocatum dan sudah menjadi flora herbal yang dipakai sejak ribuan tahun lampau oleh leluhur kita. Sejumlah manfaat daun sirih merah bagi kesehatan sanggup anda baca pada artikel berikut ini :
 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Berbagai Keluhan 12 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Berbagai Keluhan
baca juga : 6 Manfaat Donor Darah

1. Mengatasi mimisan
Ambil selembar daun sirih merah muda, berikutnya gulung seukuran lubang hidung. Masukkan pelan-pelan pada lubang hidung yang mimisan.

2. Menyembuhkan luka terbakar
Sediakan beberapa helai daun sirih merah lalu cuci hingga bersih. Remas-remas daun sirih dan tambahkan madu secukupnya. balurkan pada bab yang terbakar.
   
3. Menyembuhkan nyeri maag
Sediakan beberapa lembar daun sirih merah, bersihkan dengan mencuci di air mengalir. Sesudah itu tumbuk hingga lumat, tambahkan beberapa tetes air panas, balurkan di perut yang nyeri. Lakukan tindakan ini 2 kali sehari.
    
4. Mengobati mata kemerahan
Sediakan 6 lembar daun sirih merah muda, rebus memakai air higienis hingga mendidih. Biarkan hingga dingin, setelah itu cuci pada mata yang merah tadi. Kerjakan 3 kali sehari hingga mata pulih kembali.
   
5. Menangkal gusi berdarah
Rebus 4 lembar daun siri merah memakai 2 gelas air. Sesudah ramuan dingin, pakai berkumur-kumur.

6. Meredakan gatal pada kulit
Sediakan 20 lembar daun sirih merah, rebus memakai air hingga mendidih. Kemudian pakai untuk mandi saat air masih hangat.
   
7. Menghindarkan terjadinya sariawan
Sediakan 2 lembar daun sirih merah, bilas dengan air mengalir. Kunyah-kunyah hingga lumat, setelah itu buang jikalau dirasa sudah cukup.
   
8. Menyembuhkan batuk
Sediakan 15 lembar daun sirih merah plus 3 gelas air. Sebelumnya cuci daun sirih merah lalu rebus hingga air tersisa 1/4. tambahkan sedikit madu dan segera minum ramuan.

9. Menghilangkan anyir lisan tak sedap
Sediakan 4 lembar daun, bersihkan dan remas-remas. Masukkan dalam gelas dan tambahkan air panas, lalu minum setelah suam-suam kuku.

10. Mengusir anyir tubuh tak sedap
Sediakan 5 lembar daun sirih merah, rebus bersama 2 gelas air. Biarkan hingga tinggal 1 gelas lalu minum selagi hangat pada siang hari. 
   
11. Memberantas infeksi
Sediakan 10 lembar daun sirih merah yang sudah dibersihkan lalu tumbuk hingga halus. Seduh memakai 2 gelas air panas. Pakai air seduhan untuk mencuci muka berjerawat. Kerjakan 2 kali sehari.

12. Menuntaskan keputihan
Manfaat daun sirih merah yang terakhir yakni untuk mengatasi keputihan . Untuk itu sediakan 10 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci. Selanjutnya seduh memakai air panas. Gunakan seduhan air daun sirih itu untuk membasuh organ intim.
Lebih baru Lebih lama